Eps.10 Premis Naskah Fiksi

Ringkasan

Setelah episode sebelumnya aku bahas premis naskah nonfiksi, kali ini giliran premis naskah fiksi. Naskah podcast dan detail penjelasan ada pada blog https://www.podcastsangpembelajar.wordpress.com Kalau ada masukan dan saran silakan kirim surel ke podcastsangpembelajar@gmail.com

Naskah Podcast

Assalamualaikum ww.

Sobat pembelajar, kembali lagi bersama podcast sang pembelajar. Bagaimana kabar teman-teman semuanya? Semoga senantiasa sehat dan dalam lindungan Yang Mahakuasa.

Pada episode sebelumnya, aku udah bahas soal formula premis naskah nonfiksi. Semoga mudah dipahami ya. Oh, ya biar makin paham, entar bakal aku sertakan tulisan atau penjelasannya di blog podcast Sang Pembelajar.

Kembali ke topik pembahasan. Untuk naskah fiksi sendiri biasanya berbentuk novel atau kumpulan cerpen. Garis besarnya adalah cerita. Bisa juga bentuknya cerita mini, novelet, dan semacamnya.

Kita masuk ke formulanya. Formula premis naskah fiksi sebagai berikut, perhatikan baik-baik.
Tokoh utama + Tujuan + Halangan yang dihadapi
Aku ulangi ya

Tokoh utama + Tujuan + Halangan yang dihadapi

Langsung aja aku kasih contoh biar makin paham.

Ani yang berasal dari desa ingin berkuliah di kampus impiannya, tetapi terkendala biaya karena orang tuanya miskin dan memintanya untuk berhenti sekolah ketika lulus SMA, tidak perlu melanjutkan ke perguruan tinggi.

Nah, coba kita bedah satu per satu unsurnya biar makin mudah dipahami.
Tokoh utama yaitu Ani yang berasal dari desa
Tujuannya ingin berkuliah di kampus impian

Halangan atau rintangannya kendala biaya karena orang tua Ani miskin dan memintanya untuk berhenti sekolah ketika lulus SMA, tidak perlu melanjutkan ke perguruan tinggi.

Nah, dari contoh di atas udah makin jelas ya dan paham sekarang. Dari premis ini, kalian juga bakal tahu nih seberapa panjang cerita yang akan kalian tulis. Apakah ceritanya cukup menjadi cerpen atau cerita pendek, atau bahkan bisa menjadi novel yang biasanya ratusan lembar.

Lalu, ada yang tanya. Kalau misal ceritanya terkesan pendek dan ingin dipanjangkan agar jadi novel bisa nggak sih? Aku jawab tentu saja bisa dong. Terus gimana caranya? Caranya adalah kalian tambahkan konflik yang ada dalam cerita ya. Konflik ini biasanya dihadapi oleh tokoh utama. Jadi, kalau tadi halangannya cuma ada satu, misalkan orang tuanya miskin dan melarangnya untuk lanjut kuliah, ini mungkin bisa datang dari teman-temannya yang misalkan kalau ini perempuan, dia lanjut nikah aja, gak usah kuliah tinggi-tinggi.

Atau misalkan dari keluarga yang lain, “Udahlah, kamu ini orang desa. Ngapain harus ke kota, segala macem, nambah ilmu. Nggak perlulah. Udah, di rumah aja gitu misalkan, atau bantu orang tua di sawah saja. Seperti itu, jadi, sudah terlihat semakin banyak konflik itu yang terjadi pada tokoh utama, maka tentu saja kita bisa membuat cerita itu semakin panjang.

Perlu kita ingat juga bahwa tokoh utama itu nggak selalu satu orang, bisa jadi dua orang atau bahkan satu kelompok.

Baiklah, sobat pembelajar. Mungkin cukup ini yang bisa aku sampaikan pada podcast kali ini. Cukup singkat. Dan semoga mudah untuk kalian pahami dan kalian aplikasikan sebelum menulis buku atau naskah fiksi. Sebelum aku tutup podcast ini, aku mau ulangi lagi nih gimana cara nulis formula premis naskah fiksi.

Simak dan perhatikan dengan saksama ya.

Formula premis naskah fiksi.

Tokoh utama + tujuan + halangan yang dihadapi

Sekian dulu episode podcast Sang Pembelajar kali ini. Nantikan informasi menarik seputar literasi pada episode-episode selanjutnya.

Sobat Pembelajar, keep inspiring through writing!
Terima kasih sudah mendengarkan, mohon maaf kalau ada salah kata. Akhir kata, Wassalamualaikum ww.

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s